Selasa, 07 Juni 2011
18 Karakter Bangsa Indonesia
Pengunjung blog Alyalu yang terhormat, satuan pendidikan sebenarnya selama ini sudah mengembangkan dan
melaksanakan nilai-nilai pembentuk karakter melalui program operasional
satuan pendidikan masing-masing. Hal ini merupakan prakondisi pendidikan
karakter pada satuan pendidikan yang untuk selanjutnya pada saat ini
diperkuat dengan 18 nilai hasil kajian empirik Pusat Kurikulum.
Nilai prakondisi (the existing values) yang dimaksud antara lain takwa, bersih, rapih, nyaman, dan
santun.
Dalam rangka lebih memperkuat pelaksanaan pendidikan karakter telah
teridentifikasi 18 nilai yang bersumber dari agama, Pancasila, budaya,
dan tujuan pendidikan nasional, yaitu:
1. Religius : Sikap dan perilaku yang patuh dalam
melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan
ibadah agama lain, dan selalu hidup rukun dengan pemeluk agama lain.
2. Jujur : Perilaku yang didasarkan pada upaya
menjadikan dirinya sebagai orang yang dapat dipercaya dalam perkataan,
tindakan dan pekerjaan.
3. Toleransi : Sikap dan tindakan yang menghargai
perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap dan tindakan orang lain
yang berbeda dari dirinya.
4. Disiplin : Tindakan yang menunjukan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan.
5. Kerja Keras : Perilaku yang menunjukan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar dan tugas, serta menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.
6. Kreatif : Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki.
7. Mandiri : Sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas.
8. Demokratis : Cara berpikir, bersikap dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain.
9. Rasa Ingin Tahu : Sikap dan tindakan yang selalu
berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang
dipelajari, dilihat dan didengar.
10. Semangat Kebangsaan : Cara berpikir, bertindak
dan berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara diatas
kepentingan diri dan kelompoknya.
11. Cinta Tanah Air : Cara berpikir, bersikap dan
berbuat yang menunjukan rasa kesetiaan, kepedulian dan penghargaan yang
tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan
politik bangsa.
12. Menghargai Prestasi : Sikap dan tindakan yang
mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi
masyarakat, dan mengakui, serta menghormati keberhasilan orang lain.
13. Bersahabat/Komunikatif : Tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain.
14. Cinta Damai : Sikap, perkataan dan tindakan yang menyebabkan orang lain merasa senang dan aman atas kehadiran dirinya.
15. Gemar membaca : Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya.
16. Peduli Lingkungan : Sikap dan tindakan yang
selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya,
dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang
sudah terjadi.
17. Peduli Sosial : Sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan.
18. Tanggung-Jawab : Sikap dan perilaku seseorang
untuk mdlaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan,
terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya),
negara dan Tuhan Yang Maha Esa.
Naskah 18 karakter bisa didownload di: Puskur
Selasa, 24 Mei 2011
Pendidikan Karakter Bangsa
Pengunjung blog AL-YA'LU yang terhormat, selain KTSP harus memuat Sekolah Ramah Anak (SRA), Pendidikan
Lingkungan Hidup (PLH), dalam KTSP juga harus dimasukkan pendidikan
karakter bangsa (PKB). Pendidikan karakter ini juga sering disebut
dengan istilah pendidikan budi pekerti atau dalam istilah lainnya
disebut akhlaqul karimah. Mengapa pendidikan karakter begitu penting?
Bapak Muktiono Waspodo dalam kolom Resonansi yang
ditayang di situs pendidikan nonformal mengemukakan tentang pandangan
pendidikan karakter. Sejarah memberikan pelajaran yang amat berharga,
betapa perbedaan, pertentangan, dan pertukaran pikiran itulah
sesungguhnya yang mengantarkan kita ke gerbang kemerdekaan. Melalui
perdebatan tersebut kita banyak belajar, bagaimana toleransi dan
keterbukaan para Pendiri Republik ini dalam menerima pendapat, dan
berbagai kritik saat itu. Melalui pertukaran pikiran itu kita juga bisa
mencermati, betapa kuat keinginan para Pemimpin Bangsa itu untuk bersatu
di dalam satu identitas kebangsaan, sehingga perbedaan-perbedaan tidak
menjadi persoalan bagi mereka.
Karena itu pendidikan karakter harus digali dari landasan
idiil Pancasila, dan landasan konstitusional UUD 1945. Sejarah
Indonesia memperlihatkan bahwa pada tahun 1928, ikrar “Sumpah Pemuda”
menegaskan tekad untuk membangun nasional Indonesia. Mereka bersumpah
untuk berbangsa, bertanah air, dan berbahasa satu yaitu Indonesia.
Ketika merdeka dipilihnya bentuk negara kesatuan. Kedua peristiwa
sejarah ini menunjukan suatu kebutuhan yang secara sosio-politis
merefleksi keberadaan watak pluralisme tersebut. Kenyataan sejarah dan
sosial budaya tersebut lebih diperkuat lagi melalui arti simbol “Bhineka
Tunggal Ika” pada lambang negara Indonesia.
Dari mana memulai dibelajarkannya nilai-nilai karakter bangsa, dari
pendidikan informal, dan secara pararel berlanjut pada pendidikan formal
dan nonformal. Tantangan saat ini dan ke depan bagaimana kita mampu
menempatkan pendidikan karakter sebagai sesuatu kekuatan bangsa. Oleh
karena itu kebijakan dan implementasi pendidikan yang berbasis karakter
menjadi sangat penting dan strategis dalam rangka membangun bangsa ini.
Hal ini tentunya juga menuntut adanya dukungan yang kondusif dari
pranata politik, sosial, dan budaya bangsa.
”Pendidikan Karakter Untuk Membangun Keberadaban Bangsa”, adalah
kearifan dari keaneragaman nilai dan budaya kehidupan bermasyarakat.
Kearifan itu segera muncul, jika seseorang membuka diri untuk menjalani
kehidupan bersama dengan melihat realitas plural yang terjadi. Oleh
karena itu pendidikan harus diletakan pada posisi yang tepat, apalagi
ketika menghadapi konflik yang berbasis pada ras, suku dan keagamaan.
pendidikan karakter bukanlah sekedar wacana tetapi realitas
implementasinya, bukan hanya sekedar kata-kata tetapi tindakan dan bukan
simbol atau slogan, tetapi keberpihak yang cerdas untuk membangun
keberadaban bangsa Indonesia. Pesan akhir tulisan ini, berikan layanan
yang terbaik kepada Pendidik dan Tenaga Kependidikan sehingga terwujud
masyarakat yang ”beradab” yang mengimplementasikan nilai-nilai luhur
bangsa Indonesia
Lingkungan Hidup (PLH), dalam KTSP juga harus dimasukkan pendidikan
karakter bangsa (PKB). Pendidikan karakter ini juga sering disebut
dengan istilah pendidikan budi pekerti atau dalam istilah lainnya
disebut akhlaqul karimah. Mengapa pendidikan karakter begitu penting?
Bapak Muktiono Waspodo dalam kolom Resonansi yang
ditayang di situs pendidikan nonformal mengemukakan tentang pandangan
pendidikan karakter. Sejarah memberikan pelajaran yang amat berharga,
betapa perbedaan, pertentangan, dan pertukaran pikiran itulah
sesungguhnya yang mengantarkan kita ke gerbang kemerdekaan. Melalui
perdebatan tersebut kita banyak belajar, bagaimana toleransi dan
keterbukaan para Pendiri Republik ini dalam menerima pendapat, dan
berbagai kritik saat itu. Melalui pertukaran pikiran itu kita juga bisa
mencermati, betapa kuat keinginan para Pemimpin Bangsa itu untuk bersatu
di dalam satu identitas kebangsaan, sehingga perbedaan-perbedaan tidak
menjadi persoalan bagi mereka.
Karena itu pendidikan karakter harus digali dari landasan
idiil Pancasila, dan landasan konstitusional UUD 1945. Sejarah
Indonesia memperlihatkan bahwa pada tahun 1928, ikrar “Sumpah Pemuda”
menegaskan tekad untuk membangun nasional Indonesia. Mereka bersumpah
untuk berbangsa, bertanah air, dan berbahasa satu yaitu Indonesia.
Ketika merdeka dipilihnya bentuk negara kesatuan. Kedua peristiwa
sejarah ini menunjukan suatu kebutuhan yang secara sosio-politis
merefleksi keberadaan watak pluralisme tersebut. Kenyataan sejarah dan
sosial budaya tersebut lebih diperkuat lagi melalui arti simbol “Bhineka
Tunggal Ika” pada lambang negara Indonesia.
Dari mana memulai dibelajarkannya nilai-nilai karakter bangsa, dari
pendidikan informal, dan secara pararel berlanjut pada pendidikan formal
dan nonformal. Tantangan saat ini dan ke depan bagaimana kita mampu
menempatkan pendidikan karakter sebagai sesuatu kekuatan bangsa. Oleh
karena itu kebijakan dan implementasi pendidikan yang berbasis karakter
menjadi sangat penting dan strategis dalam rangka membangun bangsa ini.
Hal ini tentunya juga menuntut adanya dukungan yang kondusif dari
pranata politik, sosial, dan budaya bangsa.
”Pendidikan Karakter Untuk Membangun Keberadaban Bangsa”, adalah
kearifan dari keaneragaman nilai dan budaya kehidupan bermasyarakat.
Kearifan itu segera muncul, jika seseorang membuka diri untuk menjalani
kehidupan bersama dengan melihat realitas plural yang terjadi. Oleh
karena itu pendidikan harus diletakan pada posisi yang tepat, apalagi
ketika menghadapi konflik yang berbasis pada ras, suku dan keagamaan.
pendidikan karakter bukanlah sekedar wacana tetapi realitas
implementasinya, bukan hanya sekedar kata-kata tetapi tindakan dan bukan
simbol atau slogan, tetapi keberpihak yang cerdas untuk membangun
keberadaban bangsa Indonesia. Pesan akhir tulisan ini, berikan layanan
yang terbaik kepada Pendidik dan Tenaga Kependidikan sehingga terwujud
masyarakat yang ”beradab” yang mengimplementasikan nilai-nilai luhur
bangsa Indonesia
Sabtu, 07 Mei 2011
Latihan Soal UASBN online
Pengunjung yang terhormat dan siswa-siswi SD Unggulan AL-YA'LU, soal latihan online silakan dicoba disini. Link ini adalah milik
invir.com. Agar tampilan gambar sempurna, sebaiknya gunakan browser Internet Explorer.
Sekolah Dasar (SD)
- Tahun 2008
Matematika, IPA, IPS, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, PKN
- Tahun 2007
Matematika, IPA, IPS, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
- Tahun 2006
Matematika, IPA, IPS, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
- Tahun 2005
Matematika, IPA, IPS, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, PKN
- Tahun 2004
Matematika, IPA, IPS, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, PKN
- Tahun 2003
Matematika, IPA, IPS, Bahasa Indonesia, PKN
Selamat mencoba....
Jumat, 06 Mei 2011
PAKEM
Apa Perbedaan Pendekatan, Strategi dan Model Pembelajaran?
Pengunjung blog AL-YA'LU yang terhormat, kadang-kadang ada yang mencampurkan antara pendekatan, strategi dan model pembelajaran. Kadang pula terbalik menempatkan ketiganya. Sesungguhnya apakah perbedaan pendekatan, strategi dan model pembelajaran? Baiklah, berikut ini akan saya coba tampilkan kembali.
Pendekatan
adalah titik tolak atau sudut pandang tentang proses pembelajaran. Jadi
pendekatan itu merupakan pandangan tentang terjadinya proses
pembelajaran yang masih umum. Roy Kellen (1998) membedakan antara
pendekatan yang berpusat pada guru (teacher centered approach) dan berpusat pada siswa (student centered approach).
Pendekatan berpusat pada guru menurunkan:
Pendekatan Berpusat pada Siswa menurunkan:
Adapun pengertian strategi pembelajaran adalah:
Nah, apakah model pembelajaran itu?
Pengunjung blog AL-YA'LU yang terhormat, kadang-kadang ada yang mencampurkan antara pendekatan, strategi dan model pembelajaran. Kadang pula terbalik menempatkan ketiganya. Sesungguhnya apakah perbedaan pendekatan, strategi dan model pembelajaran? Baiklah, berikut ini akan saya coba tampilkan kembali.
Pendekatan
adalah titik tolak atau sudut pandang tentang proses pembelajaran. Jadi
pendekatan itu merupakan pandangan tentang terjadinya proses
pembelajaran yang masih umum. Roy Kellen (1998) membedakan antara
pendekatan yang berpusat pada guru (teacher centered approach) dan berpusat pada siswa (student centered approach).
Pendekatan berpusat pada guru menurunkan:
- Strategi pembelajaran langsung (direct instruction)
- Pembelajaran deduktif
- Pembelajaran ekspositori
Pendekatan Berpusat pada Siswa menurunkan:
- Strategi pembelajaran inkuiri
- Pembelajaran induktif
- Pembelajaran diskoveri
Adapun pengertian strategi pembelajaran adalah:
- Siasat guru utk mengoptimalkan interaksi antara peserta didik dengan komponen lain dari sistem pembelajaran secara konsisten.
- Suatu kegiatan yang memelihara konsistensi dan kekompakan setiap komponen pembelajaran.
Nah, apakah model pembelajaran itu?
- Pola umum perilaku pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran.
- Menurut Joyce & Weil, model pembelajaran suatu rencana atau
pola yang dapat digunakan untuk membentuk rencana pembelajaran jangka
panjang (kurikulum), merancang bahan pembelajaran, dan membimbing
pembelajaran di kelas atau yang lain. - Model pembelajaran dapat dijadikan pola pilihan, artinya guru boleh
memilih model yang sesuai dan efisien untuk mencapai tujuan
pendidikannya.
Kamis, 05 Mei 2011
Silabus dan RPP Berkarakter
Pengunjung blog AL-YA'LU yang terhormat, berikut ini kami tampilkan perangkat
pembelajaran SD/MI berupa silabus dan RPP berkarakter. Link file ini
kami dapatkan dari makalahkumakalahmu. Silahkan didownload.
RPP Tematik Kelas 1 SD Bekarakter
Silabus Tematik Kelas 1 SD Berkarakter
RPP TEMATIK BERKARAKER SD KELAS 2
SILABUS TEMATIK Berkarakter KELAS DUA
RPP TEMATIK BERKARAKTER KELAS 3 SD
SILABUS TEMATIK BERKARAKTER KELAS 3 SD
Berikut RPP Berkarakter Kelas 4 SD/MI
Silabus Berkarakter Kelas 4 SD/MI
RPP Berkarakter Kelas 5 SD
Silabus Berkarakter Kelas 5 SD
RPP Berkarakter Kelas 6 SD
Silabus Berkarakter Kelas 6 SD
RPP Bahasa Inggris Berkarakter Kelas 1, 2, 3, 4, 5 dan 6 SD
Silabus Bahasa Inggris Berkarakter Kelas 1, 2, 3, 4, 5 dan 6 SD
RPP PAI Berkarakter Kelas 1, 2, 3, 4, 5 dan 6 SD
Silabus PAI Berkarakter Kelas 1, 2, 3, 4, 5 dan 6 SD
RPP PENJAS / PJOK Berkarakter Kelas 1, 2, 3, 4, 5 dan 6 SD
Silabus PENJAS / PJOK Berkarakter Kelas 1, 2, 3, 4, 5 dan 6 SD
RPP SENI BUDAYA / SBK Berkarakter Kelas 1, 2, 3, 4, 5 dan 6 SD
Silabus SENI BUDAYA / SBK Berkarakter Kelas 1, 2, 3, 4, 5 dan 6 SD
…………………………………………….xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx…………………………………………………..
PROGRAM SEMESTER KELAS 1
Program Pembelajaran Dan Matrik Hubungan Kompetensi Kelas 1 Semester 1
Program Pembelajaran Dan Matrik Hubungan Kompetensi Kelas 1 Semester 2
PROGRAM SEMESTER KELAS 2
Program Pembelajaran Dan Matrik Hubungan Kompetensi Kelas 2 Semester 1
Program Pembelajaran Dan Matrik Hubungan Kompetensi Kelas 2 Semester 2
PROGRAM SEMESTER KELAS 3
Program Pembelajaran Dan Matrik Hubungan Kompetensi Kelas 3 Semester 1
Program Pembelajaran Dan Matrik Hubungan Kompetensi Kelas 3 Semester 2
PROGRAM SEMESTER KELAS 4
Program Pembelajaran / Program Semester Kelas 4 Semester 1
Program Pembelajaran / Program Semester Kelas 4 Semester 2
PROGRAM SEMESTER KELAS 5
Program Pembelajaran / Program Semester Kelas 5 Semester 1
Program Pembelajaran / Program Semester Kelas 5 Semester 2
PROGRAM SEMESTER KELAS 6
Program Pembelajaran / Program Semester Kelas 6 Semester 1
Program Pembelajaran / Program Semester Kelas 6 Semester 2
PROGRAM SEMESTER BAHASA INGGRIS
Program Pembelajaran / Program Semester Bahasa Inggris Semester 1
Program Pembelajaran / Program Semester Bahasa Inggris Semester 2
PROGRAM SEMESTER PAI
Program Pembelajaran / Program Semester PAI Semester 1
Program Pembelajaran / Program Semester PAI Semester 2
PROGRAM SEMESTER PENJASKES / PJOK
Program Pembelajaran / Program Semester Penjas / PJOK Semester 1
Program Pembelajaran / Program Semester Penjas / PJOK Semester 2
pembelajaran SD/MI berupa silabus dan RPP berkarakter. Link file ini
kami dapatkan dari makalahkumakalahmu. Silahkan didownload.
RPP Tematik Kelas 1 SD Bekarakter
- RPP Tema Pengalaman Semester 1
- RPP Tema Kegemaran Semester 1
- RPP Tema Keluarga Semester 1
- RPP Tema Lingkungan Semester 1
- RPP Tema Diri Sendiri Semester 1
- RPP Tema Budi Pekerti Semester 1
- RPP Tema Permainan Semester 2
- RPP Tema Lingkungan Semester 2
- RPP Tema Peristiwa Semester 2
- RPP Tema Kesehatan Semester 2
- RPP Tema Keluarga Semester 2
- RPP Tema Kebersihan Semester 2
- RPP Tema Budi Pekerti Semester 2
Silabus Tematik Kelas 1 SD Berkarakter
- Silabus Tema Pengalaman Semester 1
- Silabus Tema Kegemaran Semester 1
- Silabus Tema Keluarga Semester 1
- Silabus Tema Lingkungan Semester 1
- Silabus Tema Diri Sendiri Semester 1
- Silabus Tema Budi Pekerti Semester 1
- Silabus Tema Permainan Semester 2
- Silabus Tema Lingkungan Semester 2
- Silabus Tema Peristiwa Semester 2
- Silabus Tema Kesehatan Semester 2
- Silabus Tema Keluarga Semester 2
- Silabus Tema Kebersihan Semester 2
- Silabus Tema Diri Sendiri Semester 2
RPP TEMATIK BERKARAKER SD KELAS 2
- RPP Tematik Berkarakter SD Tema Tempat Umum Semester 1
- RPP Tematik Berkarakter SD Tema Peristiwa Semester 1
- RPP Tematik Berkarakter SD Tema Peristiwa Semester 2
- RPP Tematik Berkarakter SD Tema Kesehatan Semester 1
- RPP Tematik Berkarakter SD Tema Kesehatan Semester 2
- RPP Tematik Berkarakter SD Tema Lingkungan Semester 1
- RPP Tematik Berkarakter SD Tema Lingkungan Semester 2
- RPP Tematik Berkarakter SD Tema Kegiatan Sehari-hari Semester 2
- RPP Tematik Berkarakter SD Tema Kegemaran Semester 2
- RPP Tematik Berkarakter SD Tema Hiburan Semester 1
- RPP Tematik Berkarakter SD Tema Budi Pekerti Semester 2
SILABUS TEMATIK Berkarakter KELAS DUA
- Silabus Tematik Berkarakter SD Tema Kesehatan semester 1
- Silabus Tematik Berkarakter SD Tema Kesehatan semester 2
- Silabus Tematik Berkarakter SD Tema Lingkungan semester 1
- Silabus Tematik Berkarakter SD Tema Lingkungan semester 2
- Silabus Tematik Berkarakter SD Tema Peristiwa semester 1
- Silabus Tematik Berkarakter SD Tema Peristiwa semester 2
- Silabus Tematik Berkarakter SD Tema Diri Sendiri semester 1
- Silabus Tematik Berkarakter SD Tema Budi Pekerti semester 2
- Silabus Tematik Berkarakter SD Tema Hiburan semester 1
- Silabus Tematik Berkarakter SD Tema Kegemaran semester 2
- Silabus Tematik Berkarakter SD Tema Tempat Umum semester 1
- Silabus Tematik Berkarakter SD Tema Kegiatan Sehari-hari semester 2
RPP TEMATIK BERKARAKTER KELAS 3 SD
- RPP Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Tempat Umum Semester 1
- RPP Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Pengalaman Semester 1
- RPP Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Lingkungan Semester 1
- RPP Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Kesehatan Semester 1
- RPP Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Kegiatan Semester 1
- RPP Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Hiburan Semester 1
- RPP Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Pertanian Semester 2
- RPP Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Kerajinan Tangan Semester 2
- RPP Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Keperluan Sehari-hari Semester 2
- RPP Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Kegemaran Semester 2
- RPP Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Permainan Semester 2
- RPP Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Pendidikan Semester 2
SILABUS TEMATIK BERKARAKTER KELAS 3 SD
- Silabus Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Tempat Umum Semester 1
- Silabus Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Lingkungan Semester 1
- Silabus Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Pengalaman Semester 1
- Silabus Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Hiburan Semester 1
- Silabus Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Kesehatan Semester 1
- Silabus Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Kegiatan Semester 1
- Silabus Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Kegemaran Semester 2
- Silabus Tematik Berkaraktdr Kelas 3 SD Tema Pertanian Semester 2
- Silabus Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Permainan Semester 2
- Silabus Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Pendidikan Semester 2
- Silabus Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Kerajinan Tangan Semester 2
- Silabus Tematik Berkarakter Kelas 3 SD Tema Keperluan Sehari-hari Semester 2
Berikut RPP Berkarakter Kelas 4 SD/MI
- RPP Bahasa Indonesia Berkarakter Kelas 4 SD sms 1
- RPP Bahasa Indonesia Berkarakter Kelas 4 SD sms 2
- RPP Matematika Berkarakter Kelas 4 SD sms 1
- RPP Matematika Berkarakter Kelas 4 SD sms 2
- RPP PKn Berkarakter Kelas 4 SD sms 1
- RPP PKn Berkarakter Kelas 4 SD sms 2
- RPP IPS Berkarakter Kelas 4 SD sms 1
- RPP IPS Berkarakter Kelas 4 SD sms 2
- RPP IPA Berkarakter Kelas 4 SD sms 1
- RPP IPA Berkarakter Kelas 4 SD sms 2
- RPP TIK Berkarakter Kelas 4 SD sms 1
- RPP TIK Berkarakter Kelas 4 SD sms 2
Silabus Berkarakter Kelas 4 SD/MI
- Silabus Bahasa Indonesia Berkarakter Kelas 4 SD sms 1
- Silabus Bahasa Indonesia Berkarakter Kelas 4 SD sms 2
- Silabus Matematika Berkarakter Kelas 4 SD sms 1
- Silabus Matematika Berkarakter Kelas 4 SD sms 2
- Silabus PKn Berkarakter Kelas 4 SD sms 1
- Silabus PKn Berkarakter Kelas 4 SD sms 2
- Silabus IPS Berkarakter Kelas 4 SD sms 1
- Silabus IPS Berkarakter Kelas 4 SD sms 2
- Silabus IPA Berkarakter Kelas 4 SD sms 1
- Silabus IPA Berkarakter Kelas 4 SD sms 2
- Silabus TIK Berkarakter Kelas 4 SD sms 1
- Silabus TIK Berkarakter Kelas 4 SD sms 2
RPP Berkarakter Kelas 5 SD
- RPP Matematika Kelas 5 SD Semester 1
- RPP Matematika Kelas 5 SD Semester 2
- RPP SAINS/IPA Kelas 5 SD Semester 1
- RPP SAINS/IPA Kelas 5 SD Semester 2
- RPP Bahasa Indonesia Kelas 5 SD Semester 1
- RPP Bahasa Indonesia Kelas 5 SD Semester 2
- RPP IPS Kelas 5 SD Semester 1
- RPP IPS Kelas 5 SD Semester 2
- RPP TIK Kelas 5 SD Semester 1
- RPP TIK Kelas 5 SD Semester 2
- RPP PKn Kelas 5 SD Semester 1
- RPP PKn Kelas 5 SD Semester 2
Silabus Berkarakter Kelas 5 SD
- Silabus Matematika Kelas 5 SD Semester 1
- Silabus Matematika Kelas 5 SD Semester 2
- Silabus SAINS/IPA Kelas 5 SD Semester 1
- Silabus SAINS/IPA Kelas 5 SD Semester 2
- Silabus Bahasa Indonesia Kelas 5 SD Semester 1
- Silabus Bahasa Indonesia Kelas 5 SD Semester 2
- Silabus IPS Kelas 5 SD Semester 1
- Silabus IPS Kelas 5 SD Semester 2
- Silabus TIK Kelas 5 SD Semester 1
- Silabus TIK Kelas 5 SD Semester 2
- Silabus PKn Kelas 5 SD Semester 1
- Silabus PKn Kelas 5 SD Semester 2
RPP Berkarakter Kelas 6 SD
- RPP PKn Berkarakter Kelas 6 SD Semester 1
- RPP PKn Berkarakter Kelas 6 SD Semester 2
- RPP IPA Berkarakter Kelas 6 SD Semester 1
- RPP IPA Berkarakter Kelas 6 SD Semester 2
- RPP IPS Berkarakter Kelas 6 SD Semester 1
- RPP IPS Berkarakter Kelas 6 SD Semester 2
- RPP TIK Berkarakter Kelas 6 SD Semester 1
- RPP TIK Berkarakter Kelas 6 SD Semester 2
- RPP Matematika Berkarakter Kelas 6 SD Semester 1
- RPP Matematika Berkarakter Kelas 6 SD Semester 2
- RPP Bahasa Indonesia Berkarakter Kelas 6 SD Semester 1
- RPP Bahasa Indonesia Berkarakter Kelas 6 SD Semester 2
Silabus Berkarakter Kelas 6 SD
- Silabus PKn Berkarakter Kelas 6 SD Semester 1
- Silabus PKn Berkarakter Kelas 6 SD Semester 2
- Silabus IPA Berkarakter Kelas 6 SD Semester 1
- Silabus IPA Berkarakter Kelas 6 SD Semester 2
- Silabus IPS Berkarakter Kelas 6 SD Semester 1
- Silabus IPS Berkarakter Kelas 6 SD Semester 2
- Silabus TIK Berkarakter Kelas 6 SD Semester 1
- Silabus TIK Berkarakter Kelas 6 SD Semester 2
- Silabus Matematika Berkarakter Kelas 6 SD Semester 1
- Silabus Matematika Berkarakter Kelas 6 SD Semester 2
- Silabus Bahasa Indonesia Berkarakter Kelas 6 SD Semester 1
- Silabus Bahasa Indonesia Berkarakter Kelas 6 SD Semester 2
RPP Bahasa Inggris Berkarakter Kelas 1, 2, 3, 4, 5 dan 6 SD
- RPP Bahasa Inggris Berkarakter Kelas 1 SD Semester 1
- RPP Bahasa Inggris Berkarakter Kelas 1 SD Semester 2
- RPP Bahasa Inggris Berkarakter Kelas 2 SD Semester 1
- RPP Bahasa Inggris Berkarakter Kelas 2 SD Semester 2
- RPP Bahasa Inggris Berkarakter Kelas 3 SD Semester 1
- RPP Bahasa Inggris Berkarakter Kelas 3 SD Semester 2
- RPP Bahasa Inggris Berkarakter Kelas 4 SD Semester 1
- RPP Bahasa Inggris Berkarakter Kelas 4 SD Semester 2
- RPP Bahasa Inggris Berkarakter Kelas 5 SD Semester 1
- RPP Bahasa Inggris Berkarakter Kelas 5 SD Semester 2
- RPP Bahasa Inggris Berkarakter Kelas 6 SD Semester 1
- RPP Bahasa Inggris Berkarakter Kelas 6 SD Semester 2
Silabus Bahasa Inggris Berkarakter Kelas 1, 2, 3, 4, 5 dan 6 SD
- SILABUS Bahasa Inggris Berkarakter Kelas 1 SD Semester 1
- SILABUS Bahasa Inggris Berkarakter Kelas 1 SD Semester 2
- SILABUS Bahasa Inggris Berkarakter Kelas 2 SD Semester 1
- SILABUS Bahasa Inggris Berkarakter Kelas 2 SD Semester 2
- SILABUS Bahasa Inggris Berkarakter Kelas 3 SD Semester 1
- SILABUS Bahasa Inggris Berkarakter Kelas 3 SD Semester 2
- SILABUS Bahasa Inggris Berkarakter Kelas 4 SD Semester 1
- SILABUS Bahasa Inggris Berkarakter Kelas 4 SD Semester 2
- SILABUS Bahasa Inggris Berkarakter Kelas 5 SD Semester 1
- SILABUS Bahasa Inggris Berkarakter Kelas 5 SD Semester 2
- SILABUS Bahasa Inggris Berkarakter Kelas 6 SD Semester 1
- SILABUS Bahasa Inggris Berkarakter Kelas 6 SD Semester 2
RPP PAI Berkarakter Kelas 1, 2, 3, 4, 5 dan 6 SD
- RPP PAI Berkarakter Kelas 1 SD Semester 1
- RPP PAI Berkarakter Kelas 1 SD Semester 2
- RPP PAI Berkarakter Kelas 2 SD Semester 1
- RPP PAI Berkarakter Kelas 2 SD Semester 2
- RPP PAI Berkarakter Kelas 3 SD Semestdr 1
- RPP PAI Berkarakter Kelas 3 SD Semester 2
- RPP PAI Berkarakter Kelas 4 SD Semester 1
- RPP PAI Berkarakter Kelas 4 SD Semester 2
- RPP PAI Berkarakter Kelas 5 SD Semester 1
- RPP PAI Berkarakter Kelas 5 SD Semester 2
- RPP PAI Berkarakter Kelas 6 SD Semester 1
- RPP PAI Berkarakter Kelas 6 SD Semester 2
Silabus PAI Berkarakter Kelas 1, 2, 3, 4, 5 dan 6 SD
- SILABUS PAI Berkarakter Kelas 1 SD Semester 1
- SILABUS PAI Berkarakter Kelas 1 SD Semester 2
- SILABUS PAI Berkarakter Kelas 2 SD Semester 1
- SILABUS PAI Berkarakter Kelas 2 SD Semester 2
- SILABUS PAI Berkarakter Kelas 3 SD Semester 1
- SILABUS PAI Berkarakter Kelas 3 SD Semester 2
- SILABUS PAI Berkarakter Kelas 4 SD Semester 1
- SILABUS PAI Berkarakter Kelas 4 SD Semester 2
- SILABUS PAI Berkarakter Kelas 5 SD Semester 1
- SILABUS PAI Berkarakter Kelas 5 SD Semester 2
- SILABUS PAI Berkarakter Kelas 6 SD Semester 1
- SILABUS PAI Berkarakter Kelas 6 SD Semester 2
RPP PENJAS / PJOK Berkarakter Kelas 1, 2, 3, 4, 5 dan 6 SD
- RPP PJOK / PENJAS Berkarakter Kelas 1 SD Semester 1
- RPP PJOK / PENJAS Berkarakter Kelas 1 SD Semester 2
- RPP PJOK / PENJAS Berkarakter Kelas 2 SD Semester 1
- RPP PJOK / PENJAS Berkarakter Kelas 2 SD Semester 2
- RPP PJOK / PENJAS Berkarakter Kelas 3 SD Semester 1
- RPP PJOK / PENJAS Berkarakter Kelas 3 SD Semester 2
- RPP PJOK / PENJAS Berkarakter Kelas 4 SD Semester 1
- RPP PJOK / PENJAS Berkarakter Kelas 4 SD Semester 2
- RPP PJOK / PENJAS Berkarakter Kelas 5 SD Semester 1
- RPP PJOK / PENJAS Berkarakter Kelas 5 SD Semester 2
- RPP PJOK / PENJAS Berkarakter Kelas 6 SD Semester 1
- RPP PJOK / PENJAS Berkarakter Kelas 6 SD Semester 2
Silabus PENJAS / PJOK Berkarakter Kelas 1, 2, 3, 4, 5 dan 6 SD
- SILABUS PJOK / PENJAS Berkarakter Kelas 1 SD Semester 1
- SILABUS PJOK / PENJAS Berkarakter Kelas 1 SD Semester 2
- SILABUS PJOK / PENJAS Berkarakter Kelas 2 SD Semester 1
- SILABUS PJOK / PENJAS Berkarakter Kelas 2 SD Semester 2
- SILABUS PJOK / PENJAS Berkarakter Kelas 3 SD Semester 1
- SILABUS PJOK / PENJAS Berkarakter Kelas 3 SD Semester 2
- SILABUS PJOK / PENJAS Berkarakter Kelas 4 SD Semester 1
- SILABUS PJOK / PENJAS Berkarakter Kelas 4 SD Semester 2
- SILABUS PJOK / PENJAS Berkarakter Kelas 5 SD Semester 1
- SILABUS PJOK / PENJAS Berkarakter Kelas 5 SD Semester 2
- SILABUS PJOK / PENJAS Berkarakter Kelas 6 SD Semester 1
- SILABUS PJOK / PENJAS Berkarakter Kelas 6 SD Semester 2
RPP SENI BUDAYA / SBK Berkarakter Kelas 1, 2, 3, 4, 5 dan 6 SD
- RPP SENI BUDAYA / SBK Berkarakter Kelas 3 SD Semester 1
- RPP SENI BUDAYA / SBK Berkarakter Kelas 3 SD Semester 2
- RPP SENI BUDAYA / SBK Berkarakter Kelas 4 SD Semester 1
- RPP SENI BUDAYA / SBK Berkarakter Kelas 4 SD Semester 2
- RPP SENI BUDAYA / SBK Berkarakter Kelas 5 SD Semester 1
- RPP SENI BUDAYA / SBK Berkarakter Kelas 5 SD Semester 2
- RPP SENI BUDAYA / SBK Berkarakter Kelas 6 SD Semester 1
- RPP SENI BUDAYA / SBK Berkarakter Kelas 6 SD Semester 2
Silabus SENI BUDAYA / SBK Berkarakter Kelas 1, 2, 3, 4, 5 dan 6 SD
- SILABUS SENI BUDAYA / SBK Berkarakter Kelas 3 SD Semester 1
- SILABUS SENI BUDAYA / SBK Berkarakter Kelas 3 SD Semester 2
- SILABUS SENI BUDAYA / SBK Berkarakter Kelas 4 SD Semester 1
- SILABUS SENI BUDAYA / SBK Berkarakter Kelas 4 SD Semester 2
- SILABUS SENI BUDAYA / SBK Berkarakter Kelas 5 SD Semester 1
- SILABUS SENI BUDAYA / SBK Berkarakter Kelas 5 SD Semester 2
- SILABUS SENI BUDAYA / SBK Berkarakter Kelas 6 SD Semester 1
- SILABUS SENI BUDAYA / SBK Berkarakter Kelas 6 SD Semester 2
…………………………………………….xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx…………………………………………………..
PROGRAM SEMESTER KELAS 1
Program Pembelajaran Dan Matrik Hubungan Kompetensi Kelas 1 Semester 1
Program Pembelajaran Dan Matrik Hubungan Kompetensi Kelas 1 Semester 2
PROGRAM SEMESTER KELAS 2
Program Pembelajaran Dan Matrik Hubungan Kompetensi Kelas 2 Semester 1
Program Pembelajaran Dan Matrik Hubungan Kompetensi Kelas 2 Semester 2
PROGRAM SEMESTER KELAS 3
Program Pembelajaran Dan Matrik Hubungan Kompetensi Kelas 3 Semester 1
Program Pembelajaran Dan Matrik Hubungan Kompetensi Kelas 3 Semester 2
PROGRAM SEMESTER KELAS 4
Program Pembelajaran / Program Semester Kelas 4 Semester 1
Program Pembelajaran / Program Semester Kelas 4 Semester 2
PROGRAM SEMESTER KELAS 5
Program Pembelajaran / Program Semester Kelas 5 Semester 1
Program Pembelajaran / Program Semester Kelas 5 Semester 2
PROGRAM SEMESTER KELAS 6
Program Pembelajaran / Program Semester Kelas 6 Semester 1
Program Pembelajaran / Program Semester Kelas 6 Semester 2
PROGRAM SEMESTER BAHASA INGGRIS
Program Pembelajaran / Program Semester Bahasa Inggris Semester 1
Program Pembelajaran / Program Semester Bahasa Inggris Semester 2
PROGRAM SEMESTER PAI
Program Pembelajaran / Program Semester PAI Semester 1
Program Pembelajaran / Program Semester PAI Semester 2
PROGRAM SEMESTER PENJASKES / PJOK
Program Pembelajaran / Program Semester Penjas / PJOK Semester 1
Program Pembelajaran / Program Semester Penjas / PJOK Semester 2
Jumat, 21 Januari 2011
Kisi-kisi UASBN SD 2011 terbaru
Kemdiknas telah merilis kisi-kisi UASBN 2011 melalui Peraturan menteri
Pendidikan Nasional (Permendiknas) nomor 2 tahun 2011. Kisi ini sangat
kita tunggu-tunggu. bagi yang ingin download, silakan klik download
Sabtu, 19 Juni 2010
Hasil UASBN 2010 Kecamatan Blimbing Kota Malang
Pengunjung blog AL-YA'LU yang terhormat, UASBN 2010 sudah dilaksanakan tanggal 4-6 Mei 2010. Setelah diperiksa
dalam rentang waktu lima minggu, kini saatnya diumumkan. Berikut ini
peringkat sepuluh besar sekolah dengan nilai rata-rata UASBN tertinggi
di Kecamatan Blimbing Kota Malang:
NO | SEKOLAH | NILAI |
1 | SD Unggulan AL-YA’LU | 26,85 |
2 | SD Islam Sabilillah | 26,19 |
3 | SDN Purwantoro 1 | 26,09 |
4 | SDN Bunulrejo 4 | 25,87 |
5 | SDN Blimbing 3 | 25,82 |
6 | SDN Polehan 3 | 25,59 |
7 | SD Kartika IV-1 | 25,55 |
8 | SDN Bunulrejo 2 | 25,45 |
9 | SD Kartika IV-7 | 25,32 |
10 | SDN Blimbing 1 | 25,12 |
Sebagaimana tradisinya, sekolah-sekolah di Kecamatan Blimbing menempati
peringkat unggulan di tingkat Kota Malang. Ada 6 sekolah dari
Kecamatan Blimbing yang bertengger di peringkat 10 besar Kota Malang.
Selamat…… semoga prestasi ini dapat ditingkatkan.
Rabu, 05 Mei 2010
Panduan BOS 2010
Secara umum program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) bertujuan
untuk meringankan beban masyarakat terhadap pembiayaan pendidikan dalam
rangka wajib belajar sembilan tahun yang bermutu.
BOS 2010 hampir sama dengan BOS tahun sebelumnya, tetapi ada beberapa
tambahan yang spesifik. Selengkapnya silakan unduh dari situs
Mandikdasmen atau klik di sini.
Menurut UU No 20 tentang Sisdiknas: Pemerintah pusat dan
pemerintah daerah menjamin terselenggaranya wajib belajar minimal pada
jenjang pendidikan dasar tanpa memungut biaya. Wajib Belajar 9 Tahun
telah tuntas dengan APK untuk SMP/sederajat sebesar 96,18%PP No 48
tentang Pendanaan Pendidikan secara jelas menjelaskan jenis pendanaan
pendidikan dan tanggung-jawab masing-masing tingkatan program BOS
bertujuan untuk meringankan beban masyarakat terhadap pembiayaan
pendidikan dalam rangka wajib belajar 9 tahun yang bermutu. Secara
khusus tujuan BOS:
1.Menggratiskan seluruh siswa miskin di tingkat pendidikan dasar dari
beban biaya operasi sekolah, baik di sekolah negeri maupun sekolah
swasta
2. Menggratiskan seluruh siswa SD negeri dan SMP negeri terhadap
biaya operasi sekolah, kecuali pada sekolah bertaraf internasional (SBI)
dan rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI)
3. Meringankan beban biaya operasi sekolah bagi siswa di sekolah swasta
Besarnya dana BOS SD/SDLB di kota : Rp 400.000,-/siswa/tahun.
SD/SDLB di kab : Rp 397.000,-/siswa/tahun.
SMP/SMPLB/SMPT di kota: Rp 575.000,-/siswa/tahun
SMP/SMPLB/SMPT di kab : Rp 570.000,-/siswa/tahun
Biaya satuan ini sudah termasuk untuk BOS Buku
A. Untuk membeli buku teks pelajaran (BOS Buku)Sebagian dana BOS
harus untuk membeli buku yang hak ciptanya telah dibeli oleh pemerintah
sebanyak jumlah siswa. Harga buku harus mengikuti harga eceran tertinggi
(HET) yang ditetapkan oleh Depdiknas.
Pembelian dapat dilakukan bertahap, akan tetapi harus terpenuhi seluruhnya sebelum tahun ajaran baru.
Buku yang dibeli menggunakan dana BOS untuk SD adalah:
1. Pendidikan Agama
2. Seni Budaya dan Keterampilan (SBK).
B. Untuk operasional sekolah (BOS Tunai)
Yang baru di sini dibanding dengan BOS 2009 salah satunya adalah penambahan unsur manajemen pengelola di tingkat sekolah
untuk meringankan beban masyarakat terhadap pembiayaan pendidikan dalam
rangka wajib belajar sembilan tahun yang bermutu.
BOS 2010 hampir sama dengan BOS tahun sebelumnya, tetapi ada beberapa
tambahan yang spesifik. Selengkapnya silakan unduh dari situs
Mandikdasmen atau klik di sini.
Menurut UU No 20 tentang Sisdiknas: Pemerintah pusat dan
pemerintah daerah menjamin terselenggaranya wajib belajar minimal pada
jenjang pendidikan dasar tanpa memungut biaya. Wajib Belajar 9 Tahun
telah tuntas dengan APK untuk SMP/sederajat sebesar 96,18%PP No 48
tentang Pendanaan Pendidikan secara jelas menjelaskan jenis pendanaan
pendidikan dan tanggung-jawab masing-masing tingkatan program BOS
bertujuan untuk meringankan beban masyarakat terhadap pembiayaan
pendidikan dalam rangka wajib belajar 9 tahun yang bermutu. Secara
khusus tujuan BOS:
1.Menggratiskan seluruh siswa miskin di tingkat pendidikan dasar dari
beban biaya operasi sekolah, baik di sekolah negeri maupun sekolah
swasta
2. Menggratiskan seluruh siswa SD negeri dan SMP negeri terhadap
biaya operasi sekolah, kecuali pada sekolah bertaraf internasional (SBI)
dan rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI)
3. Meringankan beban biaya operasi sekolah bagi siswa di sekolah swasta
Besarnya dana BOS SD/SDLB di kota : Rp 400.000,-/siswa/tahun.
SD/SDLB di kab : Rp 397.000,-/siswa/tahun.
SMP/SMPLB/SMPT di kota: Rp 575.000,-/siswa/tahun
SMP/SMPLB/SMPT di kab : Rp 570.000,-/siswa/tahun
Biaya satuan ini sudah termasuk untuk BOS Buku
A. Untuk membeli buku teks pelajaran (BOS Buku)Sebagian dana BOS
harus untuk membeli buku yang hak ciptanya telah dibeli oleh pemerintah
sebanyak jumlah siswa. Harga buku harus mengikuti harga eceran tertinggi
(HET) yang ditetapkan oleh Depdiknas.
Pembelian dapat dilakukan bertahap, akan tetapi harus terpenuhi seluruhnya sebelum tahun ajaran baru.
Buku yang dibeli menggunakan dana BOS untuk SD adalah:
1. Pendidikan Agama
2. Seni Budaya dan Keterampilan (SBK).
B. Untuk operasional sekolah (BOS Tunai)
- Pembiayaan seluruh kegiatan dalam rangka penerimaan siswa baru:
biaya pendaftaran, penggandaan formulir, administrasi pendaftaran, dan
pendaftaran ulang, serta kegiatan lain yang berkaitan langsung dengan
kegiatan tersebut (misalnya untuk fotocopy, konsumsi panitia, dan uang
lembur dalam rangka penerimaan siswa baru) - Pembelian buku referensi untuk dikoleksi di perpustakaan (kecuali yg mendapat DAK)
- Pembelian buku teks pelajaran lainnya selain yg wajib dibeli
- Pembiayaan kegiatan pembelajaran remedial, pembelajaran pengayaan,
olahraga, kesenian, karya ilmiah remaja, pramuka, palang merah
remaja dan sejenisnya (misalnya untuk honor jam mengajar tambahan diluar
jam pelajaran, biaya transportasi dan akomodasi siswa/guru dalam rangka
mengikuti lomba) - Pembiayaan ulangan harian, ulangan umum, ujian sekolah dan laporan
hasil belajar siswa (misalnya untuk fotocopi, honor koreksi ujian dan
honor guru dalam rangka penyusunan rapor siswa) - Pembelian bahan-bahan habis pakai: buku tulis, kapur tulis, pensil,
spidol, kertas, bahan praktikum, buku induk siswa, buku inventaris,
langganan koran/majalah pendidikan, minuman dan makanan ringan
untuk kebutuhan sehari-hari di sekolah. - Pembiayaan langganan daya dan jasa: listrik, air, telepon, termasuk
untuk pemasangan baru jika sudah ada jaringan di sekitar sekolah. Khusus
di sekolah yang tidak ada jaringan listrik, dan jika sekolah tersebut
memerlukan listrik untuk proses belajar mengajar di sekolah, maka
diperkenankan untuk membeli Genzet. - Pembiayaan perawatan sekolah: pengecatan, perbaikan atap bocor,
perbaikan pintu dan jendela, perbaikan mebeler, perbaikan sanitasi
sekolah dan perawatan fasilitas sekolah lainnya. - Pembayaran honorarium bulanan guru honorer dan tenaga kependidikan
honorer. Untuk sekolah SD diperbolehkan untuk membayar honor tenaga yang
membantu administrasi BOS. - Pengembangan profesi guru: pelatihan, KKG/MGMP dan KKKS/MKKS.
- Pemberian bantuan biaya transportasi bagi siswa miskin yang
menghadapi masalah biaya transport dari dan ke sekolah. Jika dinilai
lebih ekonomis, dapat juga untuk membeli alat transportasi sederhana
yang akan menjadi barang inventaris sekolah (misalnya sepeda, prahu
penyeberangan, dll) - Pembiayaan pengelolaan BOS: alat tulis kantor (ATK), penggandaan,
surat menyurat, insentif bagi satu orang penyusun laporan BOS dan biaya
transportasi dalam rangka mengambil dana BOS di Bank/PT Pos. - Pembelian personal komputer untuk kegiatan belajar siswa: maksimum 1 set untuk SD dan 2 set untuk SMP dalam satu tahun anggaran.
- Bila seluruh komponen 1 s.d 12 di atas telah terpenuhi pendanaannya
dari BOS dan masih terdapat sisa dana, maka sisa dana BOS tersebut dapat
digunakan untuk membeli alat peraga, media pembelajaran, mesin ketik
dan mebeler sekolah.
Yang baru di sini dibanding dengan BOS 2009 salah satunya adalah penambahan unsur manajemen pengelola di tingkat sekolah
Kamis, 08 April 2010
Soal Prediksi UASBN SD 2010
UASBN SD akan dihelat mulai tanggal 4 Mei 2010. masih ada waktu untuk belajar. Berikut ini soal-soal uji coba dari tunas63
Soal prediksi UASBN
Kunci jawaban dan pembahasan
Soal prediksi UASBN
Kunci jawaban dan pembahasan
Rabu, 04 November 2009
Soal Olimpiade SD
Banyak kompetisi matematika yang diadakan berbagai lembaa di Indonesia seperti OSN (Olimpiade Sain Nasional), IMSO (International Mathematic and Science Olympiad), PASIAD, dll. Berikut ini adalah soal-soal olimpiade matematika dari Jogjabelajar.org, silakan didownload
Soal olimpade OSN 2003
Soal olimpade OSN 2004
Soal olimpade OSN 2005
Soal olimpade OSN 2006
Soal olimpade OSN 2007
Soal olimpade JSM 2006
Soal olimpade JSM 2007
Soal olimpade JSM 2008
Soal olimpade OSN 2003
Soal olimpade OSN 2004
Soal olimpade OSN 2005
Soal olimpade OSN 2006
Soal olimpade OSN 2007
Soal olimpade JSM 2006
Soal olimpade JSM 2007
Soal olimpade JSM 2008
Langganan:
Postingan (Atom)
Quality Control Pendidikan Pada Masa Pandemi
Komitmen Sekolah Unggulan AL-YA'LU untuk selalu mengedepankan mutu pendidikan dalam situasi apapun. Kegiatan Supervisi merupakan agend...
-
Hak Cipta buku ini dibeli oleh Departemen Pendidikan Nasional. Diterbitkan oleh Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. Kelas 1 Baha...
-
Presiden.adalah kepala negara sekaligus kepala pemerintahan di Indonesia. Sebagai kepala negara, Presiden adalah simbol resmi negara Indon...
-
Komitmen Sekolah Unggulan AL-YA'LU untuk selalu mengedepankan mutu pendidikan dalam situasi apapun. Kegiatan Supervisi merupakan agend...